PANDUAN KOMPETISI MAJALAH MAHASISWA PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM (PTKI) TAHUN 2017

Pers mahasiswa memiliki peluang strategis untuk tetap memerankan fungsi-fungsi pencerahan masyarakat kampussecara nyata dan konsisten. Melalui peningkatan kinerja yang profesional, Pers Mahasiswa akan mampu melahirkan karya-karya jurnalistik yang berkualitas, inspiratif, dan informatif yang dibutuhkan masyarakatnya, melalui berbagai produk medianya seperti majalah, koran kampus, tabloid, web-online, radio, dan sebagainya. Di tengah lajunya tantangan kontemporer yang cepat dan kompleks, Pers Mahasiswa akan tetap penting keberadaannya, dengan memegang peran-peran sesuai khitahnya: pertama, peran etik-intelektualitas, dimana pers mahasiswa mesti menjadi bagian dari pergulatan ilmiah-intelektual kampus yang dinamis, kreatif dan mendobrak kejumudan nalar. Kedua, peran informatif, artinya peran dalam menyuguhkan berita dan informasi yang benar dengan data-data yang akurat, yang memenuhi komitmen etika jurnalistik. Pers mahasiswa dituntut mampu menjadi penyebar informasi yang obyektif dan bertanggung jawab, sekaligus berada di garda terdepan memerangi kebohongan, fitnah, hoax, yang ada di masyarakat.

Karenanya profesionalitas menjadi kata kunci yang wajib dipenuhi bagi setiap aktivisjumalis kampus. Ketiga, dalam konteks Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI), Pers Mahasiswa dapat memerankan fungsi sebagai media yang mampu mempromosikan Islam yang ramah, moderat (wasathan), toleran dan membawa rahmat serta manfaat bagi alam dan seisinya (rahmatan III 'alamin). Peran ini bisa dibangun dengan meletakan keselarasan Islam dengan nalar-rasional, etika global, kemanusiaan, dan kearifan lokal. Pemikiran tersebut di atas selaras dengan tujuan PTKI dalam menyelenggarakan proses pendidikan yang memiliki basis budaya riset sehingga perguruan tinggi mampu menghasilkan lulusan yang Islami dan unggul.

Untuk itu pula, ditempuh strategi dalam mengintegrasikan keilmuan dengan nilai keislaman, dilandasi penyelenggaraan pendidikan yang selaras dengan prinsip good governance, terintegrasi dengan pembinaan kepribadian, dan pengembangan jaringan akademis, yang dilaksanakan melalui Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS). Dalam konteks menumbuhkembangkan insan-insan jurnalistik kampus yang profesional, bertaqwa dan bermoral luhur tersebut, Direktorat PTKI DirektoratJenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama akan menyelenggarakan kegiatan "Kompetisi Majalah Mahasiswa PTKI", sebagai ajang pendidikan, motivasi, kompetisi dan apresiasi terhadap berbagai trendplatform dan karya-karya jurnalistik Pers Mahasiswa.


Maksud diselenggarakan Kompetisi Majalah Mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) adalah memberikan motivasi, pendidikan dan apresiasi kepada Lembaga Pers Mahasiswa PTKI dan karya-karya jurnalistik terbaik yang telah dilahirkannya. Adapun tujuan diadakannya kompetisi majalah mahasiswa PTKI adalah untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas pers mahasiswa PTKI.

Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget