Cara mengisi Nilai Raport dan US/USBN di Dapodik 2018b Dengan Benar

- 3:18 AM
Cara mengisi Nilai Raport dan US/USBN di Dapodik 2018b Dengan Benar - Baiklah rekan-rekan semua kali ini admin akan membagikan mengenai cara Cara mengisi Nilai Raport di Dapodik Versi 2018b yang akan kami jelaskan pada artikel ini.


Pendataan nilai peserta didik ditujukan bagi satuan pendidikan dibawah DITJEN DIKDASMEN KEMENDIKBUD yaitu satuan pendidikan pada jenjang SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB. Pada periode pendataan tahun 2018 target pendataan nilai US/USBN adalah data nilai US/USBN semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Penginputan nilai untuk masing-masing jenjang menggunakan aplikasi yang telah disediakan masing-masing direktorat pembinaan. Penginputan nilai yang langsung diisi dari aplikasi Dapodikdasmen dasmen versi 2018.b hanya dikhususkan untuk Jenjang SD.
Cara mengisi Nilai Raport Dapodik 2018b

Panduan teknis Mengisi (Pengisian) nilai pada aplikasi erapor dapat diunduh di laman yang telah tersedia.
  1. http://psmk.kemdikbud.go.id/konten/2472/kabar-gembira- pembaruan-aplikasi-mpd-smk-versi-20171
  2. http://psmk.kemdikbud.go.id/konten/2836/direktorat-pembinaan- smk-merilis-e-rapor-smk-terbaru-dan-melakukan-survei-pengguna-e-rapor
Kewenangan Input (Mengisi) Data Nilai


Kewenangan input data nilai diberikan kepada operator sekolah sebagai petugas pendataan di sekolah serta kepada guru mata pelajaran.
Cara mengisi Nilai Raport di Dapodik 2018b

Prosedur Input (Mengisi) Data
Dalam rangka menjaring data nilai yang memiliki kualitas baik maka disusun prosedur penggunaan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2018.b. Prosedur ini diharapkan diikuti oleh sekolah dalam pelaksanaan pendataan nilai peserta didik. Kegiatan yang dilakukan meliputi proses persiapan dan proses input nilai.
  • Prosedur pendataan nilai US/USBN
  • Prosedur pendataan nilai Rapor

Persiapan Data
Menu nilai menggunakan data relasional, sehingga bergantung pada kelengkapan data relasinya. Dalam proses Untuk mengisi data nilai, terdapat beberapa data yang perlu dipastikan sudah tepat dan lengkap, yaitu:
  1. Pemilihan Kurikulum di rombongan belajar (KTSP/Kurikulum 2013)
  2. Anggota Rombongan Belajar
  3. Pembelajaran
Persiapan data ini berguna untuk menghindari adanya error dikarenakan terdapat data relasi menu nilai yang tidak lengkap. Berikut adalah contoh peringatan karena belum diisinya data rombongan belajar dan pembelajaran. Tabulasi nilai di aplikasi Dapodikdasmen menampilkan data penginputan nilai dari semester sebelumnya. 


Sekolah dapat menginput nilai sebelumnya dengan memilih semester yang akan diinput nilainya. Jika mata pelajaran yang akan diberikan nilai tidak tampil, maka penginputan nilai untuk mata pelajaran di semester tersebut tidak perlu diinput.
peringatan error
Menu Nilai
Berikut adalah tampilan dari menu nilai Rapor dan nilai US/USBN pada Aplikasi Dapodikdasmen versi 2018.b:
tampilan utama US USBN
Tampilan Utama Nilai
Sebagai petunjuk untuk menginput data nilai Rapor dan US/USBN berikut adalah pengenalan dari setiap tombol pada menu nilai :
Itulah penjelasan mengenai Cara mengisi Nilai Raport dan US/USBN di Dapodik 2018b yang dapat kami bagikan. semoga bermanfaat.
Direkomendasikan


Show EmoticonHide Emoticon

 

Start typing and press Enter to search