Download Buku Sistem Pendidikan Vokasi SMK Tahun 2018

Download Buku Sistem Pendidikan Vokasi SMK Tahun 2018 - Rekan-rekan semua kali ini admin akan membagikan informasi mengenai Buku Sistem Pendidikan Vokasi SMK Tahun 2018 Kemdikbud yang berformat PDF yang dapat rekan-rekan semua download secara gratis pada link yang sudah admin sediakan.


Model Pendidikan Vokasi/Kejuruan yang dilaksanakan di Inggris Raya sesungguhnya dapat menjadi salah satu rujukan terbaik untuk bisa dilaksanakan di dalam sistem pendidikan vokasi di Indonesia. Sebagai salah satu negara maju, Inggris Raya telah mengembangkan model pendidikan dan latihan yang telah mengalami berbagai penyesuaian dengan tuntutan dan perkembangan zaman. 


Dengan pengalaman panjang ini, Inggris Raya telah mampu bertahan dan tampil sebagai salah satu penyedia pendidikan terbaik di dunia. Begitu banyak negara telah dan akan terus belajar ke pusat-pusat pendidikan dan latihan di Inggris Raya ini, seolah ia menjadi magnet yang senantiasa menarik setiap benda yang ada di sekelilingnya dan kemudian berada di pusarannya.


Buku karya para mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di perguruan-perguruan tinggi ternama di Inggris Raya yang secara khusus menyajikan tulisan tentang praktik-praktik terbaik pendidikan vokasi di Inggris Raya ini berisi kajian yang sangat baik. Pembahasannya dapat menjadi salah satu bahan bandingan untuk bisa diterapkan di Indonesia, tentunya dengan berbagai penyesuaian yang dianggap perlu. 


Hal ini diyakini akan menjadi inspirasi bagi Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan beserta seluruh jajarannya yang dalam beberapa tahun terakhir ini, melalui Program Nawacita Pemerintahan Presiden Joko Widodo, telah menempatkan pendidikan vokasi sebagai salah satu target penataan guna penyesuaian dengan kebutuhan lapangan pekerjaan. Memang perlu diakui bahwa perkembangan lapangan pekerjaan akan selalu maju lebih pesat dibandingkan dengan program pendidikan yang menyiapkan tenaga-tenaga pengisi lapangan pekerjaan itu. 


Namun, proses penyesuaian, melalui adaptasi maupun adopsi, model pendidikan yang berasal dari praktik-praktik terbaik di negara maju, dapat menjadi salah satu upaya melakukan lompatan beberapa langkah ke depan untuk mengimbangi kemajuan lapangan pekerjaan yang sangat pesat tadi. Oleh karena itu, kehadiran tulisan di buku ini diharapkan dapat menyediakan jembatan untuk lompat ke masa depan itu secara lebih cepat. 


Keberhasilan penyelesaian buku ini tidak terlepas dari kerja keras dan kerja cerdas Prof. E. Aminudin Aziz, M.A., Ph.D., Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI), London yang memulai gagasan penulisannya, merumuskannya ke dalam bentuk rujukan penulisan, dan mengkoordinasikan penulis, editor, dan reviewer, serta menyelenggarakan seminar terbatas para pakar pendidikan vokasi di Inggris Raya. Untuk itu, saya menyampaikan selamat atas rampungnya penyusunan tulisan ini dan terima kasih atas kerja kerasnya tersebut.


Buku ini dituliskan dengan metode literature review yang membahas tentang sistem pendidikan Inggris secara umum (bab 1) dan impementasi pendidikan vokasi di Inggris (bab 2). Dalam memberikan gambaran tentang sistem pendidikan vokasi di Inggris, buku ini juga memberikan informasi tentang sistem penjamin mutu (bab 3), proses pembelajaran dan penilaian otentik (bab 5), pemindahan (transfer) keterampilan (bab 5), pembelajaran sepanjang hayat (bab 7), proses bimbingan karier di sekolah (bab 9), serta kerja sama public private partnership (bab 12) yang dapat mendukung keberlangsungan pendidikan vokasi. Selain itu, buku ini juga membahas tentang berbagai isu-isu penting dalam pendidikan vokasi seperti isu lingkungan (bab 4), penggunaan TIK (bab 8), akses dan kesamaan (bab 10) serta inklusifitas (bab 11).
Download Buku Sistem Pendidikan Vokasi SMK Tahun 2018
Pendidikan Vokasi di Inggris 
Sistem pendidikan vokasi(Vocational Education Training) di Inggris dimulai dari jenjang pendidikan menengah setelah key stage 4 hingga pendidikan tinggi. Pada pendidikan vokasi, peserta didik belajar hal-hal praktik yang berhubungan langsung dengan pekerjaan. Ada dua tipe pendidikan vokasi. Pertama adalah pendidikan vokasi yang berfokus pada pembelajaran di institusi, baik itu sekolah vokasi maupun institusi profesional. Melalui jalur ini, peserta didik lebih banyak melakukan pemelajaran di dalam sebuah institusi pendidikan.


Kedua, pendidikan vokasi yang berfokus pada pemelajaran praktikal melalui program magang (apprenticeship). Melalui program magang peserta didik lebih banyak melakukan pemelajaran praktikal di perusahaan sambil mengambil kelas yang lebih bersifat teoretikal di institusi pendidikan lokal (CA4P, 2017). Melalui jalur ini, peserta didik menerima upah kerja dari perusahaan. Perserta didik biasanya menghabiskan satu hari per minggu di perguruan tinggi untuk memelajari sertifikat teknis dan sisa waktu mereka dalam pelatihan atau bekerja. 


Kualifikasi pendidikan vokasi yang umum diambil oleh peserta didik adalah BTEC (Business & Technology Education Council) dan VCE (Vocational Certificates of Education). BTEC terdiri dari empat tingkatan yaitu: BTEC First Diploma, BTEC National, HNCs (BTEC Higher National Certificates dan HNDs (BTEC Higher National Diploma). Sementara VCE terdiri atas dua tingkatan yaitu: Vocational AS Level dan Vocational A Level. 


Untuk program magang, ada dua tingkatan magang di jejang sekolah menengah yaitu intermediate apprenticeship (setara degan GCSE) dan advanced apprenticeship (setara dengan A-level). Sementara untuk pendidikan tinggi ada dua tingkatan magang, yaitu higher apprenticeship (setara Foundation) dan degree apprenticeship (setara dengan S1). 


Menanggapi kebutuhan pasar untuk tenaga kerja yang memiliki keterampilan tinggi, pemerintah negara bagian Inggris menggalakan pendidikan vokasi dengan melakukan beberapa terobosan seperti peningkatan program magang di tingkat Pendidikan menengah. Sejak bulan April 2017, pemerintah negara bagian Inggris juga mewajibkan perusahaan lokal yang total pengeluaran gaji karyawannya lebih dari £3 juta per tahun untuk membayar apprenticeship levy (GovUK, nd(e)). Dengan adanya apprenticeship levy, sekolah mendapatkan tambahan dana untuk melakukan program magang .


Itulah penjelasan singkat mengenai Buku Sistem Pendidikan Vokasi SMK Tahun 2018 yang dapat admin sampaikan, silahkah lebih jelasnya lagi download Buku Sistem Pendidikan Vokasi SMK Tahun 2018 format pdf di bawah ini :

Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget