Juknis NSDC SMA 2018

Juknis NSDC SMA 2018 -  Rekan-rekan semua kali ini admin bisa membagikan informasi lagi mengenai Juknis NSDC SMA tahun 2018 dan sebelumnya Juknis NSDC 2017, Juknis NSDC ( national school debating championship ) merupakan Panduan Pelaksanaan national school debating championship ( NSDC ) SMA Tahun 2018. Panduan Pelaksanaan NSDC SMA ini Berformat PDF, untuk mendownloadnya sangat mudah, dan gratis, silahkan download pada link yang sudah admin sediakan. Pada Panduan ini sangat bermanfaat sekali agar mendapatkan hasil NSDC yang baik.

Juknis NSDC ( National school debating championship ) SMA Tahun 2018 , Peningkatan kompetensi dan keterampilan ini sejalan dengan semangat implementasi Kurikulum 2013. Salah satu upaya untuk mewujudkan peningkatan kompetensi tersebut adalah dengan mewadahi siswa, dalam hal ini siswa SMA, dengan kegiatan positif yang memacu semangat berkompetisi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan melalui bakat/ minat, antara lain adalah dengan melaksanakan kegiatan National Schools Debating Championship (NSDC) dan Lomba Debat Bahasa Indonesia Tingkat Nasional.


Kegiatan NSDC yang akan dilaksanakan pada tanggal 5 – 12 Agustus 2018 di Provinsi Bengkulu ini bertujuan untuk melatih siswa SMA agar terbiasa berpikir kreatif dan analitis, mampu berkomunikasi secara efektif serta menyampaikan argumentasi di depan publik dengan bahasa Inggris yang baik, serta menjadikan semua kompetensi itu sebagai modal yang baik dalam persaingan yang semakin global. Jadwal NSDC sudah ada pada Pedoman NSDC SMA ini.


National Schools Debating Championship (NSDC), atau dalam bahasa Indonesia Lomba Debat Bahasa Inggris Tingkat Nasional, merupakan lomba debat bahasa Inggris tingkat nasional. Lomba ini dilaksanakan untuk menjaring siswa-siswa unggul yang akan mengikuti World School Debating Championship (WSDC), ke tingkat Internasional.


NSDC merupakan suatu wahana bagi seluruh peserta didik, sebagai ajang unjuk kemampuan dan kreativitas berdebat dengan berbagai bidang ilmu pengetahuan tentang isu-isu global masa kini agar berpikir kritis serta mampu mengembangkan potensi secara menyeluruh dan seimbang pada semua aspek kecerdasan. Kegiatan ini akan diikuti oleh 34 tim perwakilan dari 34 provinsi seluruh Indonesia yang masing- masing terdiri atas 3 (tiga) orang siswa dan 1 (satu) orang pendamping.
Juknis NSDC SMA 2018
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia akan melaksanakan kegiatan NSDC ini pada tanggal 24—30 Juni 2018 di Provinsi Bengkulu.


Mekanisme Seleksi dan Sistem Lomba NSDC SMA 2018 
1) Tingkat Sekolah
Tiap-tiap sekolah melaksanakan seleksi untuk menentukan satu tim terbaik untuk diikutkan dalam Seleksi Tingkat Kabupaten/Kota atau Provinsi.

2) Tingkat Kabupaten/Kota
Tiap-tiap Kabupaten/Kota wajib melaksanakan seleksi untuk menentukan satu tim terbaik. Satu tim terdiri atas tiga siswa sebagai debaters dan satu orang sebagai N1 adjudicator yang selanjutnya berhak untuk mengikuti Seleksi Tingkat Provinsi.

3) Tingkat Provinsi
Masing-masing Provinsi wajib melaksanakan seleksi untuk menentukan satu tim terbaik. Satu tim terdiri atas tiga siswa sebagai debaters (best speakers) dan satu orang sebagai N1 adjudicator yang selanjutnya berhak untuk mengikuti Seleksi Tingkat Nasional.

4) Tingkat Nasional
Seleksi Tingkat Nasional akan diikuti oleh para pemenang tingkat Provinsi yang berjumlah 34 tim.


Persyaratan  NSDC SMA 2018
  1. Peserta NSDC adalah Warga Negara Indonesia.
  2. Satu tim harus terdiri atas tiga debaters dan satu N1 adjudicator.
  3. Debater adalah siswa aktif SMA, MA, swasta atau negeri yang dibuktikan dengan Kartu Pelajar/Surat Tugas.
  4. N1 adjudicator adalah guru dari provinsi asal pendebat.
  5. Debater wajib mengikuti Seminar on Debating.
  6. N1 adjudicator wajib mengikuti Seminar on Adjudicating,Adjudicator Accreditation dan mengikuti proses penjurian/ (adjudication) selama lomba. Apabila Juri N1 tidak mengikuti kegiatan yang dimaksud, tim Provinsi dari guru yang bersangkutan hanya diperbolehkan bertanding di babak penyisihan.
  7. Anggota tim tidak boleh diganti dengan alasan apa pun selama perlombaan.


Pendaftaran NSDC SMA 2018 
  1. Pendaftaran Seleksi Tingkat Provinsi dilakukan di masing-masing Dinas Pendidikan Provinsi.
  2. Pelaksana Seleksi Tingkat Provinsi mendaftarkan tim wakil Provinsi ke Panitia NSDC di Direktorat Pembinaan SMA Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Waktu dan Tempat NSDC SMA 2018 
Kegiatan NSDC berlangsung pada tanggal 5 - 12 Agustus 2018 di Provinsi Bengkulu.


Demikian penjelasan singkat mengenai Juknis NSDC SMA 2018 / Panduan Pelaksanaan national school debating championship SMA tahun 2018 yang dapat admin sampaikan , lebih jelasnya lagi silahkan download pada link yang sudah kami sediakan di bawah ini : 

Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget