Cara Ambil Data Dapodik/EMIS di Sispena S/M Tahun 2018

Cara Ambil Data Dapodik/EMIS di Sispena S/M Tahun 2018 - Rekan-rekan semua kali ini admin akan membagikan informasi mengenai Cara Ambil Data Dapodik/EMIS di Sispena S/M Tahun 2018. Untuk Ambil data Dapodik/EMIS di Sispena SM sangat mudah, tinggal rekan-rekan semua Masuk/Login ke dasbor Sispena SM (http://bansm.kemdikbud.go.id/).


Aplikasi Sispena-S/M adalah aplikasi penilaian akreditasi yang berbasis web, dimana bisa akses dimana saja, kapan saja dengan syarat terhubung dengan internet. Selain bisa diakses menggunakan Laptop atau komputer aplikasi juga bisa diakses menggunakan handphone ataupun device yang resolusinya lebih kecil.


Data isian Akreditasi (DIA) dalam aplikasi web SISPENA-S/M yang telah dilengkapi oleh sekolah/madrasah akan digunakan sebagai bahan audit oleh BAP-S/M untuk menentukan kelayakan dan penetapan Sekolah/Madrasah yang akan divisitasi sesuai kouta yang tersedia. Audit DIA dilakukan untuk memastikan skor penilaian 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan (SNP) memenuhi batas minimal dan untuk memastikan kelengkapan dokumen yang dipersyaratkan dalam akreditasi. Selanjutya BAP-S/M menetapkan dan menugaskan asesor untuk melakukan visitasi ke Sekolah/Madrasah sasaran.


BANSM berusaha menyempurnakan perangkat akreditasi sebagai alat penilaian mutu pendidikan yang valid dan realiable dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan dan Peraturan yang terkait. Perangkat yangbermutu terdiri atas Instrumen, Petunjuk Tekhnis, data dan Informasi pendukung serta penskoran perangkat Akreditasi disusun dengan bahasa yangmudah sederhana sehingga menimbulkan salah pengertian dan perbedaan pendapat antara Sekolah/Madrasah dengan Asesor. Perangkat disusun dengan lebih sederhana sehingga memudahkan Sekolah/Madrasah dalam mempersiapkan akreditasi pada saat visitasi.


Data isian Akreditasi (DIA) di dalam aplikasi Sispena SM 2018 ini sudah sinkron dengan Dapodik/EMIS Online yang dimana dalam Data Isian Akreditasi (DIA) Seklah/Madrasah melakukan penarikan data. Untuk Sekolah penarikan Data dilakukan dengan  cara menarik data dari DAPODIK sedangkan untuk Madrasah menarik data dari EMIS Online. Jadi yang belum melakukan Penarikan data dari DAPODIK/EMIS kita perlu melakukan pengimputan data terlebih dahulu agar ketika kita melakukan penarikan data, data akan terisi semua di SISPENA-SM.


Inilah Cara Ambil Data Dapodik/EMIS di Sispena S/M Tahun 2018 sebagai berikut :
  1. Login/Masuk ke SISPENA SM (http://bansm.kemdikbud.go.id/)
  2. Atau bisa klik link banner Sispena-S/M yang terdapat di sebelah kiri bawah website http://bansm.kemdikbud.go.id
  3. Akan muncul halaman login seperti terlihat di bawah ini.
    Cara Ambil Data Dapodik EMIS di Sispena SM Tahun 2018
  4. Cara Ambil Data Dapodik EMIS di Sispena SM Tahun 2018
  5. Masukkan kode pengaman yang muncul secara acak pada form di bawahnya. dan klik disini link di sini untuk mengganti kode yang muncul apabila kode tidak jelas.
  6. Kalau sudah user password dan kode pengaman terisi klik Login Sispena SM
  7. Apabila berhasil masuk maka, Sistem akan langsung menampilkan jendela form identitas sekolah yang sebagian besar telah terisi dari data dapodik/EMIS.
  8. Klik menu Pemutakhiran Data pada susunan menu DIA yang ada di Sispena-S/M. 
  9. Ketika kita mengklik menu Pemutakhiran Data akan muncul submenu seperti siswa, mata pelajaran, guru tenaga kependidikan, sarana dan prasarana.
    menu Pemutakhiran Data
  10. Sebagai catatan penting dan untuk diketahui bersama, pemutakhiran data adalah proses untuk mengambil data sekolah/madrasah yang bersangkutan dari data dapodik melalui PDSPK Kemdikbud untuk Sekolah dan EMIS Kemenag untuk Madrasah. Data tersebut digunakan sebagai data referensi penginputan isian akreditasi pada Sispena-S/M.
  11. Klik menu Siswa untuk mendapatkan data siswa sekolah dari dapodik/EMIS.
  12. Akan muncul jendela yang berisi menu pengambilan data dan daftar yang masih kosong. Selanjutnya klik Tombol Ambil data Dapodik/EMIS.
  13. Proses Ambil data Dapodik/EMIS siswa akan langsung dilakukan, danapabila berhasil maka akan muncul data Rombongan Belajar dan Siswa serta tingkatnya
  14. Lakukan hal yang sama pada menu selanjutnya.
  15. Klik menu Mata Pelajaran untuk mengambil data dari dapodik/EMIS untuk referensi ke Sispena-S/M. Lalu klik tombol Ambil data Dapodik/EMIS.
    Mata Pelajaran
  16. Klik menu Guru Tenaga Pendidikan untuk mengambil data dari dapodik/EMIS untuk referensi ke Sispena-S/M. Lalu klik tombol Ambil data Dapodik/EMIS.
    Guru Tenaga Pendidikan
  17. Klik menu Sarana untuk mengambil data dari dapodik/EMIS untuk referensi ke Sispena-S/M. Lalu klik tombol Ambil data Dapodik/EMIS.
    Sarana
  18. Klik menu Prasarana untuk mengambil data dari dapodik/EMIS untuk referensi ke Sispena-S/M. Lalu klik tombbol Ambil data Dapodik/EMIS.
    Prasarana
  19. Selesai..

Itulah Penjelasan sngkat mengenai Cara Ambil Data Dapodik/EMIS di Sispena S/M Tahun 2018, bagi rekan-rekan semua yang membutuhkan panduannya silahkan download pada lnk di bawah ini secara gratis. smoga artkel ini bisa bermanfaat amin.

Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget