Cara Mendaftar Sertifikasi GTK Melalui PLPG di Simpatika 2018

- 1:24 AM
Cara Mendaftar Sertifikasi GTK Melalui PLPG di simpatika 2018 - Rekan-rekan semua kali ini admin akan membahasas Cara Mendaftar Sertifikasi GTK Melalui PLPG di simpatika 2018. Pada Cara mendaftar sertifikasi di simpatika rekan-rekan harus terlebih dahulu mengetahui mekanisme pendaftaran/mendaftar sertifikasi guru/gtk di simpatika.


Jadi untuk mendaftar sertifikasi guru disimpatika / kemenag tahun ajaran 2017/2018 rekan-rekan semua sebaiknya harus mengetahui aturan/mekanisme sertifikasi guru di simpatika.


Mekanisme pelaksanaan sertifikasi guru melalui pola Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG) dapat dijelaskan melalui diagram berikut ini:
Cara Mendaftar Sertifikasi GTK Melalui PLPG di Simpatika 2018
Keterangan : 
  1. Guru wajib berkualifikasi S-1/D-IV mengikuti sertifikasi melalui pola pendidikan dan latihan profesi guru (PLPG). 
  2. Guru mendaftarkan diri secara mandiri sebagai bakal calon peserta sertifikasi guru di SIMPATIKA dengan mengupdate identitas/statusnya. 
  3. Proses verifikasi dan validasi peserta dilakukan berjenjang olehmulai dari masing-masing Kepala Madrasah, Kankemenag Kab/Kota, Kanwil Provinsi hingga LPTK penyelenggara.

Berikut langkah singkat Ajuan Sergur di Simpatika : 
  1. GTK login pada akun masing-masing melalui layanan http://simpatika.kemenag.go.id/
  2. Pilih layanan SIMPATIKA GTK.
  3. Pada halaman dasbor GTK, pilih menu Sertifikasi Guru.s
  4. Klik tombol Ajuan untuk mengajukan Sertifikasi Guru 2017.
  5. Selanjutnya, pada kotak dialog yang muncul, pilih Bidang sertifikasi dan pastikan juga Anda mengunggah berkas scan Ijazah dan SK Pegawai Anda, selanjutnya tentukan LPTK yang dituju. Jika sudah sesuai klik tombol Ajukan untuk menyimpan data tersebut.
    Ajukan sertifikasi guru di simpatika
  6. Silakan cetak surat ajuan Anda dan serahkan kepada Kantor Kemenag Kota/Kab setempat untuk dilakukan verifikasi berkas. Klik tombol Cetak Surat untuk mencetak.
  7. Untuk mencetak ulang surat ajuan Anda, klik pada tombol Cetak Ulang Ajuan.
  8. Berikut contoh cetak surat ajuan Sergur.
    cetak surat ajuan Sergur
  9. Silakan tunggu persetujuan ajuan Anda tersebut, pantau terus status ajuan Anda pada halaman di menu Sergur tersebut. Jika Anda dinyatakan “Terpilih” menjadi Peserta sergur, Anda diwajibkan mencetak Dokumen A1 yang nantinya akan dibawa ke LPTK pilihan Anda tersebut. Klik tombol Cetak Formulir A1 untuk mencetak Dokumen A1 tersebut.
    Cetak Formulir A1
  10. Berikut contoh cetak Dokumen A1 Anda.
    cetak Dokumen A1
  11. Selanjutnya, silakan klik tombol Panduan KSG Prakondisi untuk melihat panduan tahapan yang harus Anda selesaikan untuk mengikuti ajuan sergur.
    Panduan KSG Prakondisi
  12. Jika Anda dinyatakan lulus oleh LPTK, silakan pantau halaman Verval NRG dan Sertifikasi untuk melihat hasil Sertifikasi Anda.
Itulah penjelasan singkat mengenai Cara Mendaftar Sertifikasi GTK Melalui PLPG di simpatika 2018 yang dapat admin sampaikan. Jika ingin lebih jelasnya silahkan download panduannya dibawah ini :

Direkomendasikan


Show EmoticonHide Emoticon

 

Start typing and press Enter to search