Juknis Lomba INOBEL Guru SD 2018

- 4:33 AM
Juknis Lomba INOBEL Guru SD 2018 - Rekan-rekan semua kali ini admin akan membagikan informasi mengenai Juknis Lomba INOBEL (Inovasi Pembelajaran) Guru SD Tahun Pelajaran 2017/2018. Pada Juknis Lomba INOBEL Guru SD 2018 ini berupa format pdf. Rekan-rekan semua dapat download file tersebut secara gratis pada link yang sudah admin sediakan.


Pendidikan abad 21 menuntut guru untuk menghasilkan generasi global yang merniliki kemampuan berpikir kritis, memiliki kreativitas tinggi, dapat berkomunikasi secara efektif, dan marnpu berkolaborasi dengan orang lain untuk rnenghasilkan inovasi dalam menyelesaikan permasalahan kehidupan. Oleh karena itu, guru perlu melakukan inovasi dalam memfasilitasi peserta didik memiliki kemampuan tersebut. Dukungan pernerintah dalam meningkatkan kreativitas dan inovasi guru diwujudkan melalui pelaksanaan Lomba Karya Inovasi Pembelajaran (Inobel).


Inobel merupakan ajang kompetisi inovasi pembelajaran bagi guru, baik dalam hal pendekatan, model, strategi, metode, teknik, maupun media pernbelajaran. Suatu inovasi yang dapat membantu memecahkan permasalahan pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan proses dan basil belajar yang bermutu agar peserta didik dapat beradaptasi dengan tuntutan-tuntutan abad 21. Melalui perlombaan ini, karya-karya inovasi pembelajarans yang terpilih dapat dimanfaatkan sebagai rujukan bagi guru dalam peningkatan mutu pembelajaran.


Pedoman ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi panitia penyelenggara, guru, tim penilai/juri, Sekolah Dasar (SD), Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Dinas Pendidikan Provinsi, Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam melaksanakan perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran bagi guru SD secara efektif dan efisien.


Pembelajaran di sekolah merupakan salah satu bagian penting dalam pendidikan untukditingkatkan mutunya secara terus-menerus. Proses ini hendaknya mampu memfasilitasi peserta didik untuk memiliki kemampuan memecahkan masalah dan dapat hidup selaras sebagai warga dunia yang baik. Untuk mewujudkan harapan tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) menyelenggarakan Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran (Inobel) Guru Sekolah Dasar (SD) Tingkat Nasional Tahun 2018 dengan tema: "lnovasi Pembelajaran untuk Menjawab Tuntutan Abad ke-21"
Juknis Lomba INOBEL Guru SD 2018
Tujuan Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran bagi Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2018, sebagai berikut.
  1. memotivasi untuk melakukan inovasi pembelajaran;
  2. memotivasi guru dalam berkarier melalui karya inovasi pembelajaran;
  3. menghasilkan karya inovasi pembelajaran;
  4. mendiseminasikan hasil inovasi pembelajaran kepada teman sejawat;
  5. menarnpilkan hasil karya inovasi pembelajaran;
  6. memublikasikan hasil karya inovasi pembelajaran melalui prosiding atau jumal;
  7. memberikan penghargaan kepada guru SD yang berprestasi.


Inovasi pembelajaran merupakan upaya pembaruan/menemukan hal-hal baru meliputi kegiatan penelitian, pengembangan, dan/atau perekayasaan dalarn proses interaksi peserta didik dengan guru dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar yang bertujuan mengembangkan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, atau cara baru untuk menerapkan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni (IPTEKS) yang telah ada ke dalarn pembelajaran.


Ruang lingkup kegiatan Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran bagi Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2018 berisi tentang pengalaman pembelajaran/layanan terbaik yang merupakan hasil inovasi/hal-hal baru/pembaruan dalam model, pendekatan, strategi, metode,dan media pembelajaran untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran dan hasil belajar siswa. Hasil inovasi dituangkan dalam bentuk naskah yang dikirim dalam jaringan ( daring) melalui laman http://www.kesharlindungdikdas.id


Terna Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2018: "lnovasi Pembelajaran untuk Menjawab Tuntutan Abad ke-21" Adapun isi karya perlombaan inovasi pembelajaran mengacu pada kurikulum yang berlaku di sekolah terkait dengan pendekatan, model, strategi, metode, teknik, media, dan evaluasi pembelajaran.


Itulah Penjelasan singkat mengenai Juknis Lomba INOBEL Guru SD 2018 yang dapat admin jelaskans. Semoga artikel ini bermanfaat amin.

Direkomendasikan


Show EmoticonHide Emoticon

 

Start typing and press Enter to search