Download Pedoman Festival Menulis Guru PGRI Tahun 2018

Download Pedoman Festival Menulis Guru PGRI Tahun 2018 - Rekan-rekan semua kali ini admin akan membagikan informasi mengenai Pedoman Festival Menulis Guru Persatuan Guru Republik Indonesia Tahun 2018. Festival Menulis Guru PGRI ini merupakan festival menulis pertama yang diselenggarakan oleh Pengurus Besar PGRI yang direncakan penghargaan tingkat nasional dilaksanakan pada puncak peringatan HUT ke 73 PGRI dan HGN Tahun 2018. 


Semangat dan pesan yang ingin yang disampaikan melalui festival ini adalah perhatian Pengurus Besar PGRI terhadap tumbuh kembangnya kemampuan dan keterampilan menulis para pendidik Indonesia. Ada tiga hal yang tidak bisa dipisahkan dari profesi seorang pendidik yaitu membaca, menulis dan menginspirasi.


Tingkat pengetahuan dan wawasan seorang pendidik seringkali dipengaruhi oleh apa yang dibacanya, kegiatan membaca harus menjadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh para guru. Membaca adalah upaya untuk memasok pengetahuan dan wawasan yang akan memberikan bekal bagi guru dalam menuangkan gagasannya dalam bentuk tulisan. 


Seorang guru yang baik adalah guru yang mampu memberikan inspirasi bagi peserta didiknya, melalui karya tulisan- tulisan yang dihasilkannya guru dapat menginspirasi peserta didiknya bukan hanya peserta didik yang setiap hari bertemu di ruang kelas tapi bagi semua pembaca tulisannya.


Salah satu program kegiatan Pengurus Besar PGRI pada tahun 2018 adalah Festival Menulis Guru PGRI. Menulis merupakan gerbang peradaban dunia, Menulis adalah kegiatan yang sangat menyenangkan dan bermanfaat karena dengan menulis bisa memperlihatkan luasnya dunia. 


Menulis sebagai bagian dari budaya literasi menjadi sangat penting bagi seorang guru yang mempunyai tugas mulia mencerdaskan kehidupan berbangsa dengan membekali para peserta didiknya untuk membangun bangsa. Keterampilan menulis merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh semua guru.
Pedoman Festival Menulis Guru PGRI Tahun 2018
Keterampilan menulis adalah keterampilan paling tinggi dalam berbahasa. Di dalam aktivitas menulis, seseorang berusaha menata gagasan sesuai dengan topik tertentu melalui berbagai lambang kebahasaan, termasuk kaidah yang digunakan. 


Menulis adalah sebuah wujud kreativitas manusia. Guru perlu melakukan kreativitas menulis dalam
rangka mendorong dan memotivasi peserta didik untuk gemar membaca dan menulis. Aktivitas ini menjadi bagian dari apresiasi dalam pendidikan di sekolah. 


Untuk mewujudkan harapan tersebut, Pengurus Besar PGRI menyelenggarakan Festival Menulis PGRI Guru Tahun 2018 dengan tema: "Pendidikan di Abad 21". Festival ini memberi kesempatan kepada para guru TK, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan sederajat untuk menunjukkan bakat dan talentanya dalam menulis.


Tujuan Festival Menulis Guru PGRI Tahun 2018
Festival Menulis Guru PGRI ini bertujuan:
  1. Membangkitkan minat guru PGRI dalam aktivitas menulis dalam bentuk cerita dan artikel.
  2. Memberi tantangan kepada guru PGRI untuk mengembangkan keterampilan abad 21 melalui sebuah tulisan.
  3. Mengasah dan meningkatkan kemampuan guru PGRI untuk menyusun cerita dan artikel yang berkualitas dan layak dibaca.
  4. Memupuk sikap positif, rasa cinta, dan bangga terhadap budaya tulis.
  5. Menggali kemampuan para guru PGRI yang memiliki kemampuan menulis cerita dan artikel.
  6. Menumbuhkan kreativitas guru PGRI dalam meningkatkan mutu pendidikan.

Lingkup dan Sasaran Festival Menulis Guru PGRI Tahun 2018

  1. Lingkup yang dilombakan dalam festival ini adalah tulisan tentang cerita anak, cerita remaja, dan artikel.
  2. Sasaran kegiatan Festival Menulis Guru PGRI Tahun 2018 adalah para guru anggota PGRI di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang mencakup guru: a. Guru TK/RA; b. Guru SD/MI; c. Guru SMP/MTs; d. Guru SMA/SMK/MA/MAK; dan e. Guru SLB.

Itulah penjelasan singkat mengenai Pedoman Festival Menulis Guru PGRI Tahun 2018 yang dapat admin berikan, untuk memiliki panduan ini silahkan download pada link di bawah ini :

0 Response to "Download Pedoman Festival Menulis Guru PGRI Tahun 2018"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel