Panduan Umum Lomba Penulisan Buku Bacaan Siswa Sekolah Dasar Tahun 2018

Panduan Umum Lomba Penulisan Buku Bacaan Siswa Sekolah Dasar Tahhun 2018 - Rekan-rekan semua kali ini admin akan berikan infomasi mengenai juknis Panduan Umum Lomba Penulisan Buku Bacaan Siswa Sekolah Dasar Tahhun 2018 yang akan admin berikan.


Peningkatan mutu pendidikan merupakan salah satu prioritas program di bidang pendidikan dalam rangka mencapai delapan Standar Nasional Pendidikan. Penyediaan sarana dan prasarana yang memadai merupakan salah satu upaya dilakukan untuk menyiapkan generasi yang memiliki kemampuan kepemimpinan pada masa datang.


Berdasarkan data beberapa penelitian di bidang pendidikan menunjukkan bahwa kemampuan anak Indonesia dalam membaca berada di posisi yang cukup bawah. Karena itulah Kementerian memiliki program gerakan literasi nasional yang diimplementasikan ke dalam gerakan literasi sekolah dalam rangka meningkatkan budaya baca. 


Gerakan literasi nasional yang diimplementasikan di satuan pendidikan dengan gerakan literasi sekolah merupakan upaya untuk meningkatkan kemampuan dan budaya baca anak. Salah satu bagian dari gerakan ini adalah penyediaan panduan, bahan pembinaan, serta buku-buku bacaan bermutu yang sesuai dengan perkembangan anak.


Kegiatan lomba penulisan buku bacaan untuk siswa sekolah dasar merupakan salah satu upaya untuk menyediakan buku bacaan literasi yang berkualitas. Selain itu melalui kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi para pendidik, tenaga kependidikan serta pemerhati pendidikan untuk berkarya secara kreatif dalam bidang tulis menulis yang bermanfaat bagi upaya peningkatan budaya baca.


Dalam Undang-undang tentang Sistem Pendidikan diamanatkan bahwa pendidikan nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat, dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. 


Pendidikan bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.


Dalam Rencana Program Pembangunan Jangka Menengah Nasional sebagaimana tertuang dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2015 disebutkan bahwa kegiatan pokok bidang pembangunan pendidikan dalam rangka program wajib belajar pendidikan dasar termasuk pembinaan minat, bakat, dan kreativitas peserta didik.

Panduan Umum Lomba Penulisan Buku Bacaan Siswa Sekolah Dasar Tahhun 2018
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar melaksanakan berbagai upaya untuk meningkatkan mutu dan kualitas pembinaan sekolah dasar. Salah satu program dalam rangka peningkatan budaya baca dan literasi adalah gerakan literasi nasional yang di tingkat satuan pendidikan diimplementasikan ke dalam gerakan literasi sekolah. 


Dalam rangka mendukung gerakan literasi nasional, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar menyelenggarakan Lomba Penulisan Buku Bacaan Sekolah Dasar. Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas bacaan untuk siswa sekolah dasar, dan juga dijadikan sebagai wahana untuk berkreasi, berinovasi, berprestasi, dan berkompetisi bagi para penulis.


Lomba Penulisan Buku Bacaan SD diharapkan dapat memotivasi pendidik dan tenaga kependidikan tingkat SD khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk menuangkan gagasan, ide, kreativitas, serta karya melalui buku bacaan. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat diperoleh buku-buku bacaan untuk siswa sekolah dasar yang berkualitas sesuai dengan tingkat pertumbuhan anak dalam rangka penguatan pendidikan karakter.


Itulah Penjelasan singkat mengenai Panduan Umum Lomba Penulisan Buku Bacaan Siswa Sekolah Dasar Tahhun 2018 yang dapat admin berikan. untuk lebih jelasnya lagi silahkah download pada link di bawah ini :

0 Response to "Panduan Umum Lomba Penulisan Buku Bacaan Siswa Sekolah Dasar Tahun 2018"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
-----Klik 2x --- (Close)