Modul Pelatihan Kurikulum 2013 Bagi Kepala Sekolah Jejang SD SMP SMA SMK Tahun 2018

Modul Pelatihan Kurikulum 2013 Bagi Kepala Sekolah Jejang SD SMP SMA SMK Tahun 2018 - Rekan-rekan semua kali ini admin akan membagikan modul untuk Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 untuk semua jenjang tahun 2018 bagi Kepala Sekolah.


Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum 2013 menyatakan bahwa satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah dapat melaksanakan Kurikulum Tahun 2006 paling lama sampai dengan tahun pelajaran 2019/2020. Ketentuan ini memberi kesempatan kepada sekolah untuk melakukan persiapan implementasi Kurikulum 2013.


Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 dikembangkan untuk memfasilitasi persiapan implementasi Kurikulum 2013 dari segi manajerial dan supervisi. Modul ini disusun dengan mengembangkan kecakapan abad 21 dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter, 4C, dan literasi.


Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 memfasilitasi Saudara untuk mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kurikulum secara efektif, sehingga dapat dijadikan panduan bagi guru dalam menerapkan kurikulum untuk menciptakan proses pembelajaran yang mendidik, beragam, menyenangkan, sehingga dapat meningkatkan prestasi peserta didik. 


Dengan demikian, visi dan misi sekolah dapat dipahami serta dapat diwujudkan dalam sikap, prilaku, kebiasaan, kinerja, dan profil sekolah yang mengacu pada tuntutan masyarakat; “Indonesia Baru: Cerdas dan Kompetitif”.


Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 terdiri atas tiga bagian. Bagian pertama berisi tentang penjelasan umum. Bagian kedua tentang Prinsip Penyusunan Kurikulum 2103 yang meliputi li atpik, yaitu (1) Analisis Dokumen SKL,KI, KD, IPK, dan Silabus, (2) Pembelajaran Tematik ter padu dan Analisis Materi dalam Buku, (3) Perencanaan, Pelaksanaan, Pengolahan, dan Pelaporan Hasil Belajar, (4) Model-Model Pembelajaran dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, dan (5) Bimbingan Psiko-Edukatif. Bagian ketiga tentang Pengembangan Strategi Penyusunan Kurikulum 2013 yang meliputi dua topik, yaitu (1) Strategi Pengelolaan Implementasi Kurikulum 2013 dan (2) Strategi Penyempurnaan Buku KTSP.
Modul Pelatihan Kurikulum 2013 Bagi Kepala Sekolah Jejang SD SMP SMA SMK Tahun 2018
Strategi pembelajaran dalam modul ini menggunakan beberapa metode pembelajaran yaitu diskusi kelompok, curah pendapat, praktik, simulasi, presentasi dan tugas mandiri.


Setelah mempelajari modul ini, Saudara dapat mengimplementasikan hasil belajar tersebut di sekolah dengan tetap mengintegrasikan literasi, Kompetensi, dan karakter sebagai bekal keterampilan peserta didik agar mampu bertahan di abad XXI.


Organisasi Pembelajaran
Melalui modul ini, Saudara akan melakukan kegiatan-kegiatan, baik secara individu maupun secara kelompok. Secara umum materi pembelajaran dikelompokkan dalam tiga bagian, bagian satu berisi penjelasan umum tentang modul manajemen implementasi kurikulum 2013, bagian dua berisi tentang prinsip penyusunan kurikulum 2013 yang dikelompokkan dalam 5 topik, dan bagian 3 berisi tentang pengembangan strategi penyusunan kurikulum 2013 yang dikelompokkan dalam 2 topik. 


Secara khusus, masing-masing topik disajikan dalam bentuk kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan oleh peserta. Keseluruhan kegiatan pada pada seluruh topik akan dilaksanakan dalam waktu 25 JP. 


Itulah penjelsan singkat mengenai salah satu Modul Pelatihan Kurikulum 2013 Bagi Kepala Sekolah Jejang SD SMP SMA SMK Tahun 2018. Untuk memilikinya silahkan download pada link di bawah ini :

Download Modul Pelatihan Kurikulum 2013 Bagi Kepala Sekolah Jejang SD SMP SMA SMK Tahun 2018

0 Response to "Modul Pelatihan Kurikulum 2013 Bagi Kepala Sekolah Jejang SD SMP SMA SMK Tahun 2018"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
-----Klik 2x --- (Close)