Cara Instal Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) Versi 2019

Cara Instal Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) Versi 2019, Rekan-rekan semua kali ini admin akan membagikan Cara Instal Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS). RKAS (Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah) merupakan sebuah sistem informasi yang dibuat untuk menangani masalah manajemen keuangan sekolah mulai dari proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, pengawasan atau pengendalian.


Pada tahapan instalasi ini merupakan tahapan awal untuk memasang aplikasi RKAS pada komputer kita. Langkah yang pertama kita lakukan adalah mendownload aplikasinya di alamat : http://rkas.dikdasmen.kemdikbud.go.id,


Untuk memenuhi sasaran tersebut sangat diperlukan biaya yang cukup dan administrasi yang tertib. Salah satu pendanaan yang diberikan pihak pemerintah kepada sekolah yaitu dengan adanya dana Bantuan Operasioanl Sekolah atau lebih kita kenal dengan dana BOS.


Perencanaan program BOS meliputi dua kegiatan utama yang dilakukan oleh kepala sekolah bersama Tim Manajemen BOS sekolah yaitu mengidentifikasi kebutuhan sekolah dan menyusun Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS). 


Hal ini penting dilakukan karena dana BOS merupakan sumber utama bagi sekolah untuk memenuhi biaya penyelenggaraan sekolah, dan kebijakan pemerintah mengharuskan BOS menjadi sarana penting untuk meningkatkan akses dan mutu pendidikan dasar yang bermutu. Setelah mengidentifikasi kebutuhan sekolah sesuai hasil evaluasi diri yang dilakukan oleh sekolah, maka kepala sekolah bersama Tim Manajemen BOS sekolah dapat menyusun Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS) berdasarkan hasil evaluasi diri sekolah. 
Cara Instal Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) Versi 2019

Untuk program yang lebih operasional bisa dari dana blockgrant atau lainnya yang bersifat lebih luwes. Mengingat begitu pentingnya dalam melakukan manajemen keuangan sekolah terutama dana BOS dari pemerintah, maka diperlukan suatu sistem yang mampu melakukan pencatatan, perencanaan, pelaksanaan, pertanggungjawaban dan pelaporan, Sistem tersebut adalah RKAS. 


Cara Instal Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) Versi 2019 :
  1. Silahkan Download Aplikasi RKAS ( http://rkas.dikdasmen.kemdikbud.go.id/download.html )
  2. Pada halaman ini kita diberikan 2 pilihan tombol, yaitu tombol download dan tombol login. Berikut perbedaannya : a. Tombol Download : untuk pihak sekolah mengunduh installan aplikasi RKAS yang berbasis desktop. b. Tombol Login : untuk masuk ke aplikasi dinas pendidikan kabupaten atau pun provinsi yang berbasis website.
  3. Karena disini kita akan membahas aplikasi RKAS untuk pihak sekolah makan kita klik download. Setelah di download, buka explorer kemudian cari file software RKAS sesuai dengan alamat direktori ketika download.
  4. Jika sudah di download Aplikasi RKAS nya Silahkan double mengklik file Setup-RKAS.exe.
  5. Klik Yes untuk melanjutkan proses instalasi.
  6. Ceklis create a desktop shortcut (jika diperlukan), kemudian klik next.
  7. Klik Install.
  8. Tunggu hingga proses instalasi selesai.
  9. Tunggu hingga splash screen hilang dan masuk k aplikasi RKAS. Ketika sudah masuk ke dalam aplikasi, untuk pertama kali kita akan diminta melakukan konfigurasi. Pada form konfigurasi untuk Kode Registrasi anda dapat memintanya pada dinas pendidikan.
  10. Selesai


Itulah Penjelasan singkat mengenai Cara Instal Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) Versi 2019. Untuk lebih jelasnya silahkan download Panduannya di bawah ini :.


0 Response to "Cara Instal Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) Versi 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel