Panduan Pendataan Calon Peserta UN Tahun Pelajaran 2018/2019

Panduan Pendataan Calon Peserta UN Tahun Pelajaran 2018/2019, Rekan-rekan semua kali ini admin akan membagikan informasi mengenai Panduan Pendataan Calon Peserta UN Tahun Pelajaran 2018/2019. Pusat Penilaian Pendidikan mengembangkan sistem pendataan Calon Peserta Ujian Nasional (UN) Onlien 2019 SMP Berawal pada pelaksanaan UN Tahun 2016/2017 yang mana saat itu hanya berfungsi untuk pemeliharaan data siswa saja . 


Pendataan Calon Peserta Ujian Nasional pada tahun 2016 dan sebelumnya hanya dijaring oleh panitia tingkat provinsi dengan menggunakan program secara offline , dan waktu deadline yang digunakan terlalu dekat dengan pelaksanaan UN.


Sejalan dengan bergeraknya waktu, dan kebutuhan rekap data calon peserta UN yang lebih awal , serta berkembangnya tegnologi yang mudah didiapat dan digunakan, kami merasa perlu  merubah metode pendataan yang digunakan , kami merasa perlu merubah metode pendataan yang bisa di gunakan pada waktu lampau dengan metode online.


Karena hal tersebut kami membuat " Panduan Sistem Pendataan Calon Peserta Ujian Nasonal Online 2019" untuk mempermudah penggunaannya. Panduan ini merupakan Gabungan dari Bebeberapa Modul Sistem Pendataan Calon Peserta Ujia Nasional Online 2019, yang khusus membahas pendataan calon peserta secara online.


Sistem Pendataan Calon Peserta Ujian Nasional Online 2019 SMP merupakan suatu sistem terpadu dalam mendata calon peserta ujian nasional khusus tingkat SMP yang dilakukan secara bersamaan. Proses pendataan dilakukan secara langsung di semua propinsi dimana setiap sekolah di setiap daerah bisa secara langsung melakukan proses input/edit ataupun upload data siswanya ke dalam sistem.


Selanjutnya yang harus dilakukan pihak sekolah adalah melakukan proses pengentrian data siswa ke dalam sistem yang dilakukan oleh seksi pengolahan data dalam hal ini disebut sebagai operator. Dimana di setiap sekolah harus disediakan suatu Komputer yang terhubung secara langsung ke Server Pendataan Online melalui internet untuk melakukan proses pengentryan data tersebut melalui situs web khusus (situs operator). Setiap operator di sekolah akan diberikan suatu account khusus (User Name dan Password) yang digunakan untuk login ke dalam sistem.
Panduan Pendataan Calon Peserta UN Tahun Pelajaran 2018/2019
Berikut adalah Panduan Pendataan Calon Peserta UN Tahun Pelajaran 2018/2019 :

Silahkan Login terlebih dahulu 
Pertama-tama yang harus Anda lakukan sebelum melakukan proses pengentryan data siswa adalah melakukan login ke dalam sistem. Untuk login ini Anda harus mengetahui username dan password yang telah diberikan.
Prosedur Login, adalah :
  1. : Pada saat pertama kali dibuka maka Anda akan berada di halaman web form login
  2. : Masukkan Username pada kolom User Name dan password pada kolom Password
  3.  : Masukkan kode Captcha sesuai dengan yang muncul di layar pada kolom Security Code
  4. : Klik tombol Login. Bila muncul pesan kesalahan berarti Anda salah memasukkan User Name atau Password, Anda harus mengulangi pengisiannya
  5. : Selanjutnya bila telah berhasil login Anda akan di bawa ke modul Utama Sistem yang berisi Informasi pengguna yang sesuai dengan profil Anda.
Note:
Mohon diperhatikan bahwa ketika Anda telah login ke dalam sistem dan berada pada modul utama, jangan sampai Anda menekan tombol Back dan Refresh yang terdapat pada menu browser Internet Explorer. Hal ini akan menyebabkan Anda terlempar ke luar dari sistem, sehingga menyebabkan perubahan data yang telah Anda lakukan tidak akan masuk ke dalam Database. Untuk kembali ke dalam sistem Anda harus melakukan prosedur login di dalam form login.

INFORMASI PENGGUNA
Setelah Anda login ke dalam sistem maka Anda akan berada di dalam modul utama dari sistem online ini yang akan menampilkan informasi pengguna yang sedang login. Dimana Anda bisa melihat nama dan unit kerja Anda apakah sesuai atau tidak dengan User ID Anda jika tidak sesuai mohon laporkan kasus ini pada Panitia Pendataan Calon Peserta UN Online pusat di Puspendik.


Modul yang dapat ditangani oleh operator provinsi akan otomatis muncul sesuai dengan hak akses yang telah ditentukan. Misal jika user tidak memiliki hak akses untuk menginput siswa maka menu tersebut tidak akan muncul.


Data Master
Pada modul data master ini terdapat tiga sub menu lagi yaitu menu Master Propinsi, Master Kota/Kabupaten dan Master Sekolah. Modul – modul ini digunakan untuk melakukan setup (tambah, edit dan hapus) terhadap datadata master propinsi, kota/kabupaten dan juga sekolah yang akan digunakan di dalam system. User Provinsi/Kota/Kabupaten/Sekolah dapat melengkapi data-data yang diperlukan. User pusat yang bisa melakukan proses penambahan dan penghapusan data master sedangkan user propinsi, kabupaten/kota dan sekolah tidak diberikan akses terhadap modul ini.


Itulah Penjelasan singkat mengenai Panduan Pendataan Calon Peserta UN Tahun Pelajaran 2018/2019 yang dapat admin jelaskan. Untuk lebih jelasnya lagi silahkan download panduannya di bawah ini :


Download Panduan Pendataan Calon Peserta UN Tahun Pelajaran 2018/2019
Download Manual Pendataan Calon Peserta Ujian Nasional Tahun 2018/2019

0 Response to "Panduan Pendataan Calon Peserta UN Tahun Pelajaran 2018/2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel