Unduh Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 Jenjang SD Tahun 2018/2019

Unduh Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 Jenjang SD Tahun 2018/2019 - Rekan-rekan semua kali ini admin akan membagikan modul Manajemen Implementasi Kurikulum Jenjang SD Tahun 2018/2019, Untuk memikinya silahkan download pada link di bawah.

Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 untuk Kepala Sekolah jenjang Sekolah Dasar berisi pembelajaran tentangmenganalisis dokumen, SKL, KI, KD, IPK, dan silabus, pembelajaran tematik terpadu dan analisis materi dalam buku, perencanaan, pelaksanaan, pengolahan, dan pelaporan,  perancangan pembelajaran dan bimbingan psiko-edukatif.Serta mengelola implementasi kurikulum 2013 dan strategi penyempurnaan Buku 1, Buku 2, dan Buku 3 KTSP.

Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 jenjang Sekolah Dasar terdiri dari 3(tiga) bagian yaitu: Bagian I. Penjelasan Umum Modul; Bagian II. Prinsip Penyusunan Kurikulum 2013, Bagian III. Pengembangan Strategi Penyusunan Kurikulum 2013.

Waktu untuk mempelajari modul ini 25Jam Pembelajaran (JP).  Satu JP setara dengan 45 menit. Perkiraan waktu ini sangat fleksibel sehingga bisa disesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan. Penyelenggara pembelajaran bisa menyesuaikanwaktu dengan model pembelajaran di Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS), Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Dinas Pendidikan Provinsi, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK), Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS), Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPPTK KPTK), atau modelpembelajaran lain dengan pemanfaatan teknologi lain.
Unduh Modul Manajemen Implementasi Kurikulum Jenjang SD Tahun 2018/2019

Modul ini disusun dengan mengintegrasikan keterampilan yang diperlukan peserta didik agar mampu bertahan di abad XXI, yakni literasi dasar(bagaimana peserta didik menerapkan keterampilan berliterasi untuk kehidupan sehari-hari), kompetensi (bagaimana peserta didik menyikapi tantangan yang kompleks), dan karakter (bagaimana peserta didik menyikapi perubahan lingkungan mereka). 

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum 2013 menyatakan bahwa satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah dapat melaksanakan Kurikulum Tahun 2006 paling lama sampai dengan tahun pelajaran 2019/2020. Ketentuan ini memberi kesempatan kepada sekolah untuk melakukan persiapan implementasi Kurikulum 2013.

Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 dikembangkan untuk memfasilitasi persiapan implementasi Kurikulum 2013 dari segi manajerial dan supervisi. Modul ini disusun dengan mengembangkan kecakapan abad 21 dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter, 4C, dan literasi.

Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 memfasilitasi Saudara untuk mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kurikulum secara efektif, sehingga dapat dijadikan panduan bagi guru dalam menerapkan kurikulum untuk menciptakan proses pembelajaran yang mendidik, beragam, menyenangkan, sehingga dapat meningkatkan prestasi peserta didik. Dengan demikian, visi dan misi sekolah dapat dipahami serta dapat diwujudkan dalam sikap, prilaku, kebiasaan, kinerja, dan profil sekolah yang mengacu pada tuntutan masyarakat; “Indonesia Baru: Cerdas dan Kompetitif”.

Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 terdiri atas tiga bagian. Bagian pertama berisi tentang penjelasan umum. Bagian kedua tentang Prinsip Penyusunan Kurikulum 2103 yang meliputi li atpik, yaitu (1) Analisis Dokumen SKL,KI, KD, IPK, dan Silabus, (2) Pembelajaran Tematik ter padu dan Analisis Materi dalam Buku, (3) Perencanaan, Pelaksanaan, Pengolahan, dan Pelaporan Hasil Belajar, (4) Model-Model Pembelajaran dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, dan (5) Bimbingan Psiko-Edukatif. Bagian ketiga tentang Pengembangan Strategi Penyusunan Kurikulum 2013 yang meliputi dua topik, yaitu (1) Strategi Pengelolaan Implementasi Kurikulum 2013 dan (2) Strategi Penyempurnaan Buku KTSP.

Strategi pembelajaran dalam modul ini menggunakan beberapa metode pembelajaran yaitu diskusi kelompok, curah pendapat, praktik, simulasi, presentasi dan tugas mandiri.

Tujuan Pembelajaran 
Setelah mempelajari modul ini, Saudara diharapkan mampu:  
1. menganalisis dokumen, SKL, KI, KD, IPK, dan silabus, 
2. memahami pembelajaran tematik terpadu dan menganalisis materi dalam buku, 
3. menganalisis perencanaan, pelaksanaan, pengolahan, dan pelaporan hasil hasil,
4. merancang pembelajaran,
5. memahami bimbingan psiko-edukatif.
6. menyusun strategi pengelolaanimplementasi kurikulum 2013,dan 
7. menyusunstrategi penyempurnaan buku KTSP.

Itulah Penjelasan singkat mengenai Unduh Modul Manajemen Implementasi Kurikulum Jenjang SD Tahun 2018/2019. Jangan lupa di bagikan ya.

0 Response to "Unduh Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 Jenjang SD Tahun 2018/2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel