Download Juknis Guru Berprestasi / Gupres 2019 Jenjang SD,SMP,SMA,SMK dan SLB Pdf

Download Juknis Guru Berprestasi / Gupres 2019 Jenjang SD,SMP,SMA,SMK dan SLB Pdf - Rekan-rekan semua kali ini admin akan membagikan juknis Guru Berprestasi 2019 pdf pada jenjang Guru SD,SMP,SMA,SMK,SLB tahun 2019. Pada Juknis lomba Guru SD Berprestasi 2019 ataupun Guru TK, SMP,SMA,SMK dan SLB terdapat Seleksi Guru Berprestasi Tahun 2019, yang meliputi Syarat Guru berprestasi 2019. Untuk lebih jelasnya silahkan Pahami artikel panduan Guru berprestasi 2019 jenjang SD,SMP,SMA,SMK dan SLB di bawah ini .

Guru Sebagai tokoh sentral dalam peningkatan pendidikan nasional sudah sepantasnya mendapatkan penghargaan atas prestasi dan dedikasinya. Guru mempunyahak Untuk mendapatkan penghargaan sesuai dengan prestasi kerja, dedikasi luar biasa , dan/atau bertugas di daerah khusus.

Pemilihan Guru Berprestasi dan berdedikasi pendidikan SD, SMP, SMA, SMK, SLB Khusus Tahun 2019 merupakan salah satu upaya memberikan penghargaan kepada guru pendidikan Dijenjang Sekolah Dasar (SD), SMP, SMA,SMK dan SLB tahun 2019.

Guru Adalah Pendidik Profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan,melatih,menilai, dan mengevaluasi peserta didikpada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.
Download Juknis Guru Berprestasi / Gupres 2019 Jenjang SD,SMP,SMA,SMK dan SLB Pdf
Download Juknis Guru Berprestasi / Gupres 2019 Jenjang SD,SMP,SMA,SMK dan SLB Pdf

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005, memperkuat perlunya penghargaan kepada Guru berprestasi dan berdedikasi jenjang SMA, SMK, dan SLB yang diberikan atas dasar jenis dan jenjang tertentu. Pertama, penghargaan dapat diberikan oleh Pemerintah, Pemerintah Daerah, masyarakat, organisasi profesi, dan/atau satuan pendidikan. 

Kedua, penghargaan dapat diberikan pada tingkat satuan pendidikan, tingkat Provinsi, dan/atau tingkat Nasional. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 menyatakan bahwa peserta didik berkebutuhan khusus berhak memperoleh pendidikan khusus.

Pendidikan khusus dapat dilakukan melalui dua jalur yaitu sekolah khusus dan sekolah inklusif. Guru di sekolah inklusif adalah guru yang bekerja dan atau mengajar peserta didik berkebutuhan khusus di sekolah reguler. Mereka terdiri dari dua katagori yaitu (1) guru reguler yang mengajar peserta didik berkebutuhan khusus yang ada di kelas reguler, dan (2) guru pembimbing khusus (GPK) yang membantu guru dan memberikan layanan kepada peserta didik berkebutuhan khusus di sekolah inklusif. 

Guru di sekolah inklusif memiliki peran yang sangat strategis dalam peningkatan mutu layanan pendidikan bagi peserta didik berkebutuhan khusus yang ada di sekolah reguler. Untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan inklusif dibutuhkan guru-guru inklusi yang bermutu. Oleh sebab itu, perlu adanya upaya untuk memberi apresiasi dan motivasi bagi mereka sebagai bagian dari upaya peningkatan kinerja dan mutu layanan

Pada Juknis Pemilihan Guru tahun 2019 / Juknis Gupres SD,SMP,SMA,SMK dan SLB Tahun 2019 terdapat beberapa Mekanismenya yaitu sebagai berikut.

1. Mekanisme Kegiatan Pemilihan Guru Pendidikan Dasar berprestasi, Dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, dan tingkat nasional. Biayan kegiatan dibebankan pada anggaran yang relevan pada sekolah, kabupaten/kota, provinsi, dan nasional dan atau sumbangan pihak lain/sponsor yang tidak mengikat.

C. Tujuan
Tujuan pedoman pemilihan guru berprestasi dan berdedikasi ini adalah
  1. Mengatur tata cara dan mekanisme pemilihan guru berprestasi dan berdedikasi tingkat Provinsi dan tingkat Nasional.
  2. Memilih guru berprestasi jenjang SMA, SMK, dan SLB tingkat Provinsi dan tingkat Nasional.
  3. Memberikan penghargaan bagi guru yang berprestasi dan berdedikasi.
TAHAPAN KEGIATAN PEMILIHAN GURU PENDIDIKAN DASAR BERPRESTASI TINGKAT PROVINSI

• Penilaian Dokumen Portofolio Penilaian Kerja Guru (PK Guru) & Video Pembelajaran
• Tes Tertulis (materi disiapkan dinas Pendidikan provinsi)
• Penilaian KTI dan Artikel Ilmiah
• Presentasi artikel iImiah dan tanya jawab
• Penilaian Keteladanan dan Akhlak Mulia

Manfaat
Manfaat pedoman pemilihan guru berprestasi dan berdedikasi adalah
  1. Memberikan acuan dalam pemilihan guru berprestasi jenjang SMA, SMK, dan SLB tingkat Provinsi dan tingkat Nasional
  2. Pemilihan guru berprestasi dan berdedikasi tingkat Provinsi dan tingkat Nasional secara efektif dan efisien.
  3. Meningkatkan harkat dan martabat guru sebagai profesi terhormat, mulia, dan terlindungi.
  4. Mewujudkan peningkatan motivasi dan profesionalisme guru dalam pelaksanaan tugas profesionalnya.
  5. Membangun komitmen guru dan pihak terkait dalam meningkatkan mutu pendidikan secara lebih merata.
Persyaratan Peserta
Persyaratan peserta pemilihan guru berprestasi jenjang SMA terdiri atas
persyaratan akademik dan persyaratan administratif sebagai berikut:
1. Persyaratan Umum
a. Memiliki kualifikasi akademik minimal sarjana (S1) atau diploma empat (D-IV) dan lain sebagainya.

Itulah penjelasan singkat mengenai Juknis Guru Berprestasi / Gupres 2019 Jenjang SD,SMP,SMA,SMK dan SLB Pdf  yang dapat admin berikan, untuk lebih jelasnya silahkan download pada link dibawah ini secara gratis.


Download Juga :

0 Response to "Download Juknis Guru Berprestasi / Gupres 2019 Jenjang SD,SMP,SMA,SMK dan SLB Pdf"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel