Download Juknis Pemberian Bantuan Pemberdayaan POKJAWAS PAI Tahun 2019 Format PDF

Download Juknis Pemberian Bantuan Pemberdayaan POKJAWAS PAI Tahun 2019 Format PDF - Rekan-rekan semua kali ini admin akan membagikan informasi mengenai Juknis Pemberian Bantuan Pemberdayaan POKJAWAS PAI Tahun 2019. Adapun tujuan pemberian Bantuan Pemberdayaan pokjawas PAI ini adalah untuk mendukung kegiatan yang mengupayakan peningkatan kompetensi dan profesionalisme pengawas PAI melalui organisasi profesi pengawas yaitu Kelompok Kerja Pengawas yang disingkat dengan POKJAWAS-PAI. Bantuan ini diberikan kepada Pokjawas-PAI, karena lembaga ini merupakan wadah bagi pengawas PAI dalam mengembangkan profesinya.

Petunjuk Teknis Pengelolaan Bantuan Pemberdayaan Kelompok Kerja Pengawas Pendidikan Agama Islam Tahun 2019 - Tingkatan berhasil atau tidaknya penyelenggaraan pendidikan agama Islam pada sekolah yang bermutu, berkaitan dengan tingkat kompetensi dan profesionalisme Guru dan Pengawas PAI. Lebih utama lagi bagi pengawas, karena pengawas PAI memiliki peran sangat penitng dan strategis dalam meningkatkan profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam. 
Begitu pentingnya peran pengawas Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam yang menjadi bagianupaya dalam peningkatan mutu pendidikan nasional, maka tuntutan dantanggungjawab yang harus dimiliki pengawas PAI juga menjadi lebih besar.Pemberian bantuan kepada pokjawas ini diharapkan dapat

membantu organisasi pokjawas dalam menguatkan fungsi pengawas PAI dalam melaksanakan tugas supervisi akademik dan manajerial PAI pada sekolah secara efektif dan efisien, serta agar dapat melakukan pembimbingan dan pelatihan peningkatan profesionalisme guru PAI.

Akhirnya kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan terhadap terbitnya buku Petunjuk Teknis ini. Harapan kami agar buku Juknis ini dapat dijadikan acuan dalam mengelola bantuan pemberdayaan Pokjawas PAI.
Download Juknis Pemberian Bantuan Pemberdayaan POKJAWAS PAI Tahun 2019 Format PDF
Download Juknis Pemberian Bantuan Pemberdayaan POKJAWAS PAI Tahun 2019 Format PDF
Dana Bantuan Pemberdayaan Pokjawas PAI Tahun Anggaran 2019 adalah dana dari pemerintah dalam bentuk block grant untuk penyelenggaraan aktifitas kegiatan pada POKJAWAS PAI pada tingkat Provinsi/Kabupaten/Kota.

Dana Bantuan Pemberdayaan Pokjawas PAI Tahun Anggaran 2019 ini sesuai Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 168 Tahun 2015 masuk dalam jenis Bantuan Operasional. Dana dari pemerintah dalam bentuk bantuan operasional dapat diberikan kepada kelompok masyarakat, lembaga pendidikan, lembaga keagamaan, dan lembaga kesehatan. Bantuan pemerintah kepada lembaga Pemerintah maupun non Pemerintah ditetapkan berdasarkan SK PPK dan disahkan oleh KPA.
Petunjuk Tehnis Pengelolaan Bantuan Pemberdayaan Pokjawas PAI Tahun Anggaran 2019 ini disusun sebagai acuan bagi pihak terkait, dalam hal ini pengambil kebijakan, pengelola bantuan, dan Pokjawas PAI penerima; khususnya acuan dalam mengelola pendistribusian dana, memanfaatkan dana yang diterima untuk kegiatan pemberdayakan Pokjawas PAI serta sebagai bahan evaluasi terhadap program pemberian bantun dimaksud. Dengan adanya petunjuk tehnis ini diharapkan pemanfaatan dana bantuan pemberdayaan Pokjawas PAI tersebut dapat berjalan secara efektif dan efisien dalam upaya meningkatan mutu kepengawasan PAI.

Pada tahun Anggaran 2019 ini, intuk dana  Pada DIPA Ditjen  Pendis, Selanjutnya disbut dana pusat bagi setiap sasaran akan  diberikan dana bantuan pemerintah dalam bentuk Bantuan Pemberdayaan Pokjawas PAI diberikan sejumlah Rp. 20.000.000,- (Dua puluhan juta rupiah) untuk setiap lembaga POKJAWAS PAI Penerima dana bantuan yang telah ditetapkan, yang diberikan dalam bentuk uang kepada penerima bantuan melalui mekanisme LS ke rekening penerima bantuan secara sekaligus.
Mekanisme Pengajuan Permohonan
1. Persyaratan POKJAWA PAI yang mengajukan permohonan harus :
  • Sudah Memiliki kepengurusan yang telah disahkan oleh Direktur Pendidikan Agama Islam (POKJAWAS-PAI NASIONAL); Kepala Kantor Wilayah Kemenag (POKJAWAS-PAI PROVINSI), Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota (POKJAWAS-PAI KABUPATEN/KOTA).
  • Organisasi profesi kependidikan yang aktif, dengan ditandai adanya surat keterangan dari Direktur PAI/Kepala Kanwil Kemenag Provinsi/Kepala Kantor Kemenag Kabupaten/Kota (lampiran 1).
  • Memiliki profl organisasi POKJAWAS PAI, yang minimal berisikan tentang kondisi kelembagaan, data pengawas, data guru binaan, dan program kegiatan yang akan dan sudah dilaksanakan minimal telah berlangsung selama 2 tahun terakhir (lampiran 2). dll


Tata Cara Pertanggung Jawaban Anggaran
Berdasarkan LS yang diterima, penerima dana Bantuan Pembedayaan Pokjawas PAI Tahun Anggaran 2019 melaksanakan kegiatan sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB) pemanfaatan dana, Proposal dan perjanjian kerjasama yang telah disepakati.  
LS diberikan untuk menjadi biaya pelaksanaan kegiatan dan biaya operasional lainnya dalam waktu maksimal 3 (Tiga) bulan dari tanggal penerimaan dana LS pada rekening penerima bantuan. Setiap item biaya dalam RAB dibuktikan dengan bukti fisik berupa kuitansi dan daftar nominatif atau faktur.

Penggunaan Dana Bantuan
Pemanfaatan Bantuan Pemberdayaan Pokjawas PAI Tahun Anggaran 2019 lebih difokuskan pada kegiatan pemberdayaan POKJAWAS PAI yang bertujuan untuk kegiatan Peningkatan Kompetensi Pengawas (PKP) PAI dan Penguatan Tugas Pengawas dalam Pendampingan Program PPKB Guru PAI.
Dana bantuan digunakan untuk membiayai sebagai berikut :
1. Operasional Organisasi:
a. Rapat-rapat Koordinasi;
b. Penyusunan Program dan Pengadaan TOR;
c. ATK;

2. Pendukung pelaksanaan kegiatan
a. Photo copy bahan ajar;
b. Akomodasi/ Sewa gedung dan konsumsi;
c. Honor dan transportasi narasumber, fasilitator, panitia, dan uang lelah peserta;
d. Dokumentasi dan sertifikat;
e. Pembuatan laporan, dll.

Itulah Penjelasan singkat mengenai Juknis Pemberian Bantuan Pemberdayaan POKJAWAS PAI Tahun 2019, untuk lebih jelasnya silahkan download pada link yang sudah admin sediakan di bawah ini :

0 Response to "Download Juknis Pemberian Bantuan Pemberdayaan POKJAWAS PAI Tahun 2019 Format PDF"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel