Petunjuk Teknis Pengelolaan Bantuan Pemberdayaan Kelompok Kerja Guru PAI

Petunjuk Teknis Pengelolaan Bantuan Pemberdayaan Kelompok Kerja Guru PAI - Rekan-rekan semua kali ini admin akan membagikan informasi mengenai Petunjuk Teknis Pengelolaan Bantuan Pemberdayaan Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Dasar (KKKG-PAI SD), Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Menengah Pertama (MGMP-PAI SMP) Dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Menengah Atas dan/atau Sekolah Menengah Kejuruan (MGMP-PAI SMA/SMK) Tahun Anggaran 2019.

Tujuna Pendidikan nasional seperti tertuang dalam Undang-undang no. 20 Tahun 2003 merupakan sebuah amanat yang ketercapaiannya harus diupayakan secara optimal. Dalam Undang-undang tersebut pada pasal 3 secara eksplisit disebutkan bahwa bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, kreatif, Mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.

Pendidikan agama Islam (PAI) pada sekolah memiliki peranan yang sangat strategis dalam sistem pendidikan nasional, terutama dalam rangka membangun karakter bangsa yang beriman, bertakwa dan berakhlak mulia. PAI berfungsi membentuk manusia Indonesia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia dan mampu menjaga kedamaian dan kerukunan
hubungan inter dan antar umat beragama.
Petunjuk Teknis Pengelolaan Bantuan Pemberdayaan Kelompok Kerja Guru PAI
Petunjuk Teknis Pengelolaan Bantuan Pemberdayaan Kelompok Kerja Guru PAI

Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) di sekolah dituntut lebih dari itu, yakni tidak saja memungkinkan peserta didik dapat mengembangkan potensi yang dimiliki serta dapat memahami dan menghayati ajaran agama Islam secara baik dan benar, namun juga menanamkan nilai-nilai luhur ajaran agama Islam sebagai landasan Moral, etika,dan akhlak mulia, dalam kerangka pembentukan sikap dan watak, serta perilaku akhlakul karimah peserta didik melalui berbagai strategi dan model
pembelajaran yang dikembangkan serta contoh keteladanan (uswatun hasanah) yang ditampilkan GPAI dalam kehidupan sehari-hari.

Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) adalah Pendidik Profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, memberi teladan, menilai dan mengevaluasi peserta didik.

Dengan kata lain, GPAI diharapkan tidak hanya dapat melakukan transfer of knowledge, namun juga yang lebih penting dapat secara baik melakukan transfer of values atau ethics. Upaya transfer of values atau ethics sekarang ini merupakan suatu keharusan dan menjadi kebutuhan mendesak dalam kerangka menegakan kembali nilai-nilai spiritual dan jati diri bangsa Indonesia ditengah berbagai krisis yang sedang melanda bangsa Indonesia.

Itulah Penjelasan singkat mengenai Petunjuk Teknis Pengelolaan Bantuan Pemberdayaan Kelompok Kerja Guru PAI yang dapat admin berikan.

Download Petunjuk Teknis Pengelolaan Bantuan Pemberdayaan Kelompok Kerja Guru PAI

Baca Juga :

0 Response to "Petunjuk Teknis Pengelolaan Bantuan Pemberdayaan Kelompok Kerja Guru PAI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel