Juknis Pengelola Kelompok Belajar (KB)/Taman Penitipan Anak (TPA)/Satuan PAUD Sejenis (SPS)

Pengelola Kelompok Belajar (KB)/Taman Penitipan Anak (TPA)/Satuan PAUD Sejenis (SPS) -  Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat memainkan peranan penting dalam perkembangan dan kemajuan Indonesia, terlebih lagi dalam menyongsong kebutuhan dan tuntutan masyarakat yang selalu berubah cepat. Sebagai ujung tombak, Guru dan Tenaga Kependidikan pada jenjang ini perlu terus berkembang dan menguasai pengetahuan dan teknologi terkini. 

Untuk itu, inovasi dan pengembangan dalam pengajaran dan pelaksanaan tugas guru dan tenaga kependidikan perlu senantiasa dilakukan. Pengembangan dan inovasi yang telah dilakukan Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (GTK PAUD dan Dikmas) perlu diapresiasi agar semakin banyak masyarakat yang bisa mengetahuinya.

Kegiatan Apresiasi GTK PAUD dan DIkmas Berprestasi dan Berdedikasi Tahun 2019 akan meliputi 17 (tujuh belas) kategori lomba berprestasi perorangan, 4 (Empat) kategori lomba berdedikasi perorangan untuk daerah khusus, dan 1 (satu) kategori lomba kelompok.

Sebagai bahan acuan peserta lomba dan pihak terkait lainnya, maka disusun petunjuk teknis penilaian bagi setiap kategori lomba. Petunjuk Teknis Penilaian ini digunakan khusus sebagai acuan pelaksanaan lomba untuk kategori Pengelola Kelompok Bermain/Taman Penitipan Anak/Satuan PAUD Sejenis (KB/TPA/SPS) dari tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, sampai tingkat Nasional.
Juknis Pengelola Kelompok Belajar (KB)/Taman Penitipan Anak (TPA)/Satuan PAUD Sejenis (SPS)
Juknis Pengelola Kelompok Belajar (KB)/Taman Penitipan Anak (TPA)/Satuan PAUD Sejenis (SPS)

Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan PAUD dan Dikmas menjadi mutlak untuk selalu ditingkatkan kualitasnya. Direktorat Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (Dit. PGTK PAUD dan Dikmas), Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen. GTK) berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 11 Tahun 2018 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bertugas melaksanakan perumusan dan koordinasi pelaksanaan kebijakan serta fasilitasi penerapan standar teknis di bidang guru, pendidik lainnya dan tenaga kependidikan pendidikan anak usia dini dan pendidikan masyarakat. Selain tugas di atas, Dit. PGTK PAUD dan Dikmas juga menjalankan fungsi pelaksanaan pemberian penghargaan dan pelindungan GTK PAUD dan Dikmas.

TUJUAN
1. Menjadi rambu-rambu bagi tim juri dan pihak terkait dalam melaksanakan Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas Berprestasi dan Berdedikasi Kategori Pengelola KB/TPA/SPS tingkat Kabupaten/Kota,
Provinsi, dan Nasional.

2. Meningkatkan kualitas penyelenggaraan Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas Berprestasidan Berdedikasi di tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, dan Nasional.

RUANG LINGKUP
Petunjuk teknis ini dipergunakan pada Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas Berprestasi dan Berdedikasi untuk kategori Pengelola KB/TPA/SPS pada tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, dan Nasional.

TEMA DAN TOPIK
1. Tema:
" Penguatan Karakter GTK PAUD dan Dikmas Melalui Karya Nyata "
2. Topik:
“Strategi Optimalisasi Potensi Lingkungan Melalui Pengelolaan Kelompok Bermain (KB)/ Taman Penitipan Anak (TPA)/Satuan PAUD Sejenis (SPS) Dalam Rangka Membangun Karakter Peserta Didik”

PERSYARATAN PESERTA

  1. Berasal dari satuan pendidikan PAUD dan Dikmas yang terdaftar dan memiliki izin operasional dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota atau lembaga yang berwenang, kecuali peserta dari daerah khusus;
  2. Minimal berkualifikasi Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA)/Sederajat, dibuktikan dengan foto copy ijazah terakhir yang telah dilegalisir;
  3. Memiliki pengalaman/masa kerja dan masih aktif minimal 2 (dua) tahun berturut-turut,dibuktikan dengan Surat Keterangan aktif dari Pimpinan Lembaga/Unit Kerja bersangkutan bekerja;
  4. Berasal dari Juara I Apresiasi Pengelola KB/TPA/SPS Berprestasi dan Berdedikasi tingkat Provinsi Tahun 2019, dibuktikan dengan surat keterangan dari Kepala Dinas Pendidikan Provinsi (atau sebutan lainnya).
  5. Jika pernah menjadi Peringkat I, II dan III pada kegiatan Apresiasi atau sejenisnya Tingkat Nasional, tidak boleh mengikuti kembali pada kategori sejenis maupun kategori lainnya.
  6. Jika pernah menjadi finalis pada kegiatan penghargaan GTK PAUD dan Dikmas dalam satu tahun terakhir, tidak boleh mengikuti kembali pada kategori yang sejenis maupun kategori lainnya.
  7. Mendapat tugas mengikuti apresiasi GTK PAUD Dikmas Berprestasi dan Berdedikasi Tingkat Nasional, dibuktikan dengan tugas dari Dinas Pendidikan Provinsi;
  8. Sehat jasmani dan rohani dan tidak dalam keadaan hamil, dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat dokter (asli).
  9. Menyerahkan biodata peserta;
  10. Menyerahkan pas foto diri terakhir berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 1 (satu) lembar untuk ditempel pada lembar biodata, dan ukuran 3R sebanyak 1 (satu) lembar untuk lomba kelompok;
  11. Membuat pernyataan keaslian karya nyata bermaterai 6000;
  12. Membawa perlengkapan lomba sesuai dengan kategori yang diikuti.
Itulah Penjelasan singkat mengenai Juknis Pengelola Kelompok Belajar (KB)/Taman Penitipan Anak (TPA)/Satuan PAUD Sejenis (SPS) yangdapat admin jelaskan, untuk lebih jelasnyas silahkan download pada link dibawah ini :


Baca Juga :

Download Pidato Mendikbud Dalam Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2019
Download Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2019 Pdf
Download Petunjuk Teknis Pengelolaan Bantuan Pemberdayaan Kelompok Kerja Guru PAI

0 Response to "Juknis Pengelola Kelompok Belajar (KB)/Taman Penitipan Anak (TPA)/Satuan PAUD Sejenis (SPS)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel